PROFILE LEMBAGA

Oleh : Admin Utama - Tanggal : 07 Oktober 2016

Kopertis Wilayah XI Kalimantan adalah unit pelaksana teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang melaksanakan tugas Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerjanya yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta.

Adapun fungsi Kopertis Wilayah XI Kalimantan adalah sebagaimana tugas Kopertis di seluruh Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri tersebut di atas adalah :

  1. Merumuskan kebijakan Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerjanya berdasarkan kebijakan Direktur Jenderal;
  2. Melaksanakan koordinasi dalam rangka pengawasan, pengendalian, dan pembinaan PTS di wilayah kerjanya;
  3. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada PTS di wilayah kerjanya dan wilayah pengembangannya;
  4. Melaksanakan koordinasi dalam rangka pembinaan ketenagaan PTS;
  5. Melaksanakan kerjasama dalam rangka pengawasan, pengendalian, dan pembinaan PTS di wilayah kerjanya, dan
  6. Melaksanakan dan koordinasi pengembangan PTS di wilayah kerjanya.

Visi

"Kopertis Wilayah XI Kalimantan sebagai institusi yang profesional dalam pengawasan, pengendalian dan pembinaan Perguruan Tinggi Swasta di Kalimantan dalam mewujudkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif"

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, dirumuskan misi yang jelas yang merupakan penjabaran dari visi, yaitu :

"Melaksanakan pembinaan dan pengembangan Prguruan Tinggi Swasta di wilayah Kalimantan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan masyarakat ilmiah; memelihara, mengembangkan dan menyebarkan kebudayaan yang berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta membangun manusia Indonesia seutuhnya".

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------