BACA BERITA

UNKRIP GELAR SEMINAR “Harmonisasi Korservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan” Palangka Raya 25 nopember 2015

Oleh : Bidang UN & Kemahasiswaan - Tanggal : 02 Desember 2015

Perubahan iklim yang ada saat ini maupun yang akan datang disebabkan bukan hanya oleh peristiwa alam melainkan lebih karena berbagai aktivitas manusia, salah satu faktor adalah melewati pembukaan lahan dan perambaan hutan, eksploitasi tambang, minyak serta banyaknya kegiatan illegal lainya.   Dalam rangka turut meminimalkan dampak tersebut maka dipelukan upaya pengelolaan lingkungan hidup secara terpadu  baik dalam pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemulihan, dan pengembangan lingkungan hidup.

Melalui Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim  (PPLH-PI) Universitas Kristen Palangka Raya adalah salah satu lembaga di Pergurun tinggi Unkrip tutut berperan melalui  Pendidikan dan upaya Pengelolaan Lingkungan, penelitian, dan pengembangan masyarakat kearah pembentukan manusia pembina lingkungan yang capable dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. 

Seminar ini merupakan kerjasama antara Universitas Kristen Palangka Raya melalui Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim      (PPLH-PI), dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Sebangai, Yayasan BOS dan Yayasan WWF Indinesia.

Dengan    Narasumber dalam Seminar ini adalah:

1. Dr. Siun Jarias, SH., MH (Rentor Universitas Krisen Palangka Raya)  

2.   Kepala BKSDA (Balai Konservasi Sumberdaya Alam) Kalimantan Tengah,

3.     Kepala Balai Taman Nasional Sebangau          ,

4. Dr. Ir. Jamartin Sihite (CEO Yayasan BOS Indonesia) dan 5.

 

Pimpinan WWF Kalimantan Tengah. Adapun tujuan Seminar   adalah:  1.Untuk  mensinergi  dan mengharmonisasikan peran semua pihak dalam konservasi SDA. 2.         

Untuk  merumuskan sinergitas semua sektor dalam optimalisasi Konservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup.

Seminar telah  dilaksanakan pada Tanggal 25 Nopember  2015 di Kampus Universitas Kristen Palangka Raya.  yang dihadiri sekitar ± 200 orang peserta dari Unsur Perguruan Tinggi, NGO Lingkungan,  Kalangan Pers, SKPD lingkup Provinsi Kalimantan Tengah, Pelaku Usaha, Dosen dan Mahasiswa.  Dalam kesempatan ini dilakukan penandatangan Piagam Kerjasama antara Universitas Kristen Palangka Raya dengan Yayasan BOS dan Balai Taman Nasional Sebangau.

 

 

Dr. Ir. Jamartin Sihite 	CEO.Yayasan BOS 	sedang memberikan paparan  dalam seminar Harmonisasi Konservasi di Kampus UNKRIP