BACA BERITA

Hasnur Centre Wujudkan Mimpi Batola

Oleh : Bidang UN & Kemahasiswaan - Tanggal : 28 Oktober 2015

Kontribusi Hasnur Centre Bagi Dunia Pendidikan
KOPERTIS: Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Prof Dr Ir H Idiannor Mahyudin MSi berharap Politeknik Hasnur mampu menciptakan SDM yang berkualitas.
 
Hasnur Centre Wujudkan Mimpi Batola
UNTUK PENDIDIKAN: Ketua Dewan Pembina Yayasan Hasnur Centre Hj Siti Nurhayati HAS (kanan) dibantu Ketua Umum Yayasan Hasnur Centre Hj Nila Susanti saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus baru Politeknik Hasnur di Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (22/10).

 

BANJARMASIN, MK- Mimpi Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) jadi kenyataan. Asa untuk punya Perguruan Tinggi (PT) berkualitas di Bumi Selidah, dikabulkan Allah melalui Yayasan Hasnur Centre.

Kamis (22/10), yayasan yang bernaung di bawah bendera Hasnur Group itu groundbreaking (peletakkan batu pertama) pembangunan kampus baru Politeknik Hasnur di lahan seluas sekitar 5 hektare di kawasan Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala.

Awal pembangunan kampus baru Politeknik Hasnur tersebut ditandai seremonial peletakan batu pertama yang dilakukan Ketua Dewan Pembina Yayasan Hasnur Centre, Hj Siti Nurhayati HAS, bersama jajaran direksi Hasnur Group, Hasnur Centre, dan Politeknik Hasnur.

Bupati Batola H Hasanuddin Murad yang turut hadir mengatakan, Yayasan Hasnur Centre seolah seperti ‘super hero’ yang datang mewujudkan mimpi kabupaten yang dipimpinnya untuk memiliki perguruan tinggi. “Hasnur Centre adalah pihak yang aktif membantu Pemkab Batola mendorong peningkatan pendidikan di Batola,” katanya.

Sebelumnya, menurut Hasanuddin Murad, Batola sudah berbangga dengan kiprah Hasnur Centre yang membangun SMP dan SMA (GIBS), yang bertaraf internasional di kawasan Sungai Lumbah.

“Dan, kini kebanggaan kami itu, warga Batola bertambah lengkap dengan kembali dipercayanya Batola untuk punya perguruan tinggi dengan dibangunnya kampus baru Politeknik Hasnur di Handil Bakti," ucap Politisi senior Golkar Kalsel ini.

Ia yakin, banyaknya sekolah hingga perguruan tinggi di Batola, mampu mendorong perbaikan kualitas sumber daya manusia mereka. Maklum, Batola masih duduk di dasar kedua dari bawah indeks pembangunan manusia (IPM) di Kalsel.

"Nah, dibangunnya Politeknik Hasnur di Kabupaten Batola, insya Allah kualitas generasi penerus Barito Kuala punya kesempatan mengenyam pendidikan terbaik dan kualitas SDM kami tidak lagi tertinggal, berkat kebijakan Hasnur Group," jelasnya.

Di momen yang sama, Ketua Yayasan Hasnur Centre Hj Nila Susanti menegaskan, pembangunan kampus baru Politeknik Hasnur di Handil Bakti tersebut sebagai salah satu upaya kontribusi Hasnur Group di sektor pendidikan Kalsel.

Tambahan kampus baru yang lebih representatif ini, diharapkannya mendongkrak semangat jajaran Politeknik Hasnur untuk terus membentuk sumber daya manusia lokal yang berkeahlian, yang siap mengisi aneka bidang usaha strategis di Kalsel.

"Kami juga ingin menjaga kontribusi almarhum Abah, Haji Abdussamad Sulaiman HB yang merupakan pendiri Hasnur Group bidang pendidikan. Semoga perguruan tinggi ini menebar manfaat positif bagi masyarakat. Dan, semoga kiprah Hasnur Group di bidang pendidikan ini menjadi amal jariah bagi beliau (alm H Abdussamad Sulaiman HB)," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Hj Nila Susanti tak lupa mengucap terima kasih pada semua pihak, yang bahu-membahu berkiprah hingga Politeknik Hasnur terus eksis di tahun keempatnya. Bahkan Politeknik Hasnur mampu mencetak wisudawan-wisudawati pertama, belum lama tadi.

"Saya pribadi sangat berharap dukungan internal Politeknik Hasnur, Pemkab Barito Kuala, dan Kopertis bisa terus berlanjut di masa depan. Karena akan lebih banyak rencana yang coba Hasnur Center wujudkan di bidang pendidikan di Kalsel nantinya," katanya.

Atas pembangunan kampus baru Politeknik Hasnur ini, Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan Prof Idiannor Mahyudin mengatakan, kampus baru Politeknik Hasnur di Batola ini bisa menjadi tonggak awal pembentukan sumber daya manusia lokal yang berkualitas.

“Kami berharap banyak peningkatan kualitas ini juga dilakukan perguruan tinggi swasta lain di Kalsel. Supaya ke depan SDM lokal yang lahir dari rahim perguruan tinggi, menghasilkan output yang siap menghadapi persaingan global, yang siap masuk melalui kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015,” katanya.

Direktur Politeknik Hasnur HM Suhaimi menambahkan, untuk tahap awal pembangunan kampus baru seluas 5 hektar ini adalah tiga gedung; gedung rektorat, perkuliahan, dan gedung bengkel. Target penyelesaian ketiga gedung hingga dioperasikan pada 2017 mendatang.

Menurut dia, realisasi kampus baru tersebut tidak hanya memudahkan Hasnur Centre melakukan proses belajar-mengajar dan praktek. Akan tetapi, membuat Politeknik Hasnur lebih gampang mengembangkan beberapa jurusan anyar yang hendak dibuka di masa depan.

"Kita akan tambah jurusan baru, yakni D4 Bisnis Internasional dan Komputer Informasi. Dengan adanya gedung baru ini, kan mudah bagi kami untuk merealisasikan jurusan baru tersebut," tandasnya.

Sekedar diketahui, pada acara groundbreaking tersebut hadir sejumlah jajaran direksi Hasnur Group maupun Yayasan Hasnur Centre. Dari Hasnur Group dihadiri Presiden Komisaris Hasnur Group Ir H Rachmadi HAS, Presiden Direktur Hasnur Group Hj Jayanti Sari, dan Direktur Keuangan Hasnur Group Hj Hasnuriani.

Sementara jajaran Hasnur Centre yang hadir, ada Anggota Dewan Pembina Hasnur Centre Prof Drs H Kustan Basri, Ketua Dewan Pengawas Hasnur Centre Nasib Alamsyah, Anggota Dewan Pengawas Hasnur Centre Abdussalam Bani Surya, Anggota Dewan Pengawas Hasnur Centre Drs H Idis Nurdin Halidi, Anggota Dewan Pengawas Hasnur Centre Firdaus Mansyori, Ketua I Bidang Sosial, Pemberdayaan Masyarakat & Keagamaan Hasnur Centre Syahrani Ambo Oga, Ketua II Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Hasnur Centre Zulfikar Alimuddin, Ketua III Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Hasnur Centre Hairansyah SH MH, serta Sekretaris Hasnur Centre Mira Sartika.

Hadir pula Habib Quraisy Baharun asal Cirebon, Wakil Pimpinan Umum Media Kalimantan Fathurrahman dan Ketua Hasnur Media Centre (HMC) Syarifuddin Ardasa.(arief)

 

 



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------