BACA BERITA

Masjid Kampus di Indonesia Gelorakan Gerakan Salat Subuh Berjamaah

Oleh : Bidang UN & Kemahasiswaan - Tanggal : 13 Oktober 2015

sumber : http://news.detik.com

Bandung - Masjid Salman ITB akan meluncurkan Gerakan Salat Subuh Berjamaah. Gerakan ini diinisiasi oleh Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN), di mana ada 23 masjid kampus lainnya di Indonesia yang ikut gerakan ini.

"Tujuannya supaya membangkitkan semangat pemuda untuk salat subuh berjamaah di masjid, dan mahasiswa kelak akan rutin melaksanakannya," tutur Ketua Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB, Reka Adi Prayoga, dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (13/10/2015).

Shalahuddin Al-Ayyubi, Panglima Muslim yang memenangkan Perang Salib konon memeriksa kesiapan pasukan dengan cara yang unik. Cara tersebut yakni, melihat kondisi salat subuh pasukannya. Di masjidkah, atau tidak. Rupanya, salat subuh berjamaah di masjid bisa dijadikan gambaran semangat dan keloyalan seseorang. Bahkan, peradaban Turki disebut-sebut maju karena budaya salat subuh berjamaahnya.

Gerakan ini akan digelar 13-14 Oktober, bertepatan dengan Tahun Baru Hijriah 1437. "Kami mengambil tajuk 'Dari Masjid, Peradaban Ini Bangkit'. Kami juga akan adakan Malam Bina Iman dan Takwa, tabligh akbar, salat malam bersama, serta muhasabah," terang Reka.

Rencananya grand launching gerakan ini akan dilakukan besok subuh dipimpin langsung Rektor ITB Kadarsyah Suryadi. "Setelahnya, jemaah dapat mengikuti kuliah subuh dan menikmati hidangan sarapan gratis," ujar Reka.

Selain Masjid Salman ITB, Gerakan Salat Subuh Berjamaah juga akan diadakan serentak di 23 masjid kampus seluruh Indonesia, seperti Masjid Ukhuwah Islamiyah (Masjid UI), Masjid Al-Hurriyyah (Masjid IPB), Masjid Fatullah (UIN Jakarta), Masjid Raya Darussalam (IAIN Palangkaraya), dan lain-lain.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------