BACA BERITA

Hebat, Mahasiswa Uniska Rancang Sepeda Motor Listrik

Oleh : Bidang UN & Kemahasiswaan - Tanggal : 08 Oktober 2015

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Satu lagi kreativitas anak Banua. Tiga orang mahasiswa Uniska jurusan Teknik Mesin yakni I Putu Wahyu Adhitya Arimbawa, Zainal Arifin, dan Muhammad Nur Amin merancang sepeda motor listrik tenaga surya.

"Tinggal menambahkan pemasangan solarcell nanti yang diletakkan di atas kepala pengemudi untuk menyerap panas dan mengconversikan ke dalam energi listrik," ujar Wahyu saat dihubungi, Jumat (21/8/2015).

Energi listrik itu berasal dari lima aki yang masing-masing berkapasitas 12 volt 20 amper. Selain itu dipasang penggerak dinamo dc 800 watt. Bodi motor juga dibuat dengan mengambil bodi motor Honda Supra yang dirombak habis dengan modifikasi penambahan beberapa penyangga kaki dan penempatan aki.

Ide ini diakuinya berasal dari kegagalan kelompok mereka untuk mendapatkan persetujuan dosen pembimbing skripsi. "Hingga kami mengajukan judul tugas akhir pembuatan motor listrik, akhirnya diterima," ucapnya.

Selain bisa mengurangi ancaman global warming dari polusi kendaraan konvensional, motor listrik ini juga lebih hemat dengan memanfaatkan energi matahari.

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------