BACA BERITA

NEWS ! Bindalwas - AMNUS Banjarmasin dan ASMI Citra Nusantara Banjarmasin 2018

Oleh : Bidang Umum & Perlengkapan - Tanggal : 01 April 2018

Koordinator Kopertis Wilayah XI melakukan kunjungan ke Akademi Maritim Nusantara (Amnus) Banjarmasin. AMNUS Banjarmasin, Kamis (29/3/2018) merupakan salah satu PT swasta di Kalimantan Selatan yang mencetak alumni yang siap bekerja dalam kemaritiman. Oleh karena itu, dalam upaya mendukung pemerintah dalam penyediaan tenaga kerja yang handal dan bersaing. AMNUS Banjarmasin harus siap melahirkan Alumni yang berkualitas, dengan melakukan peningkatan mutu PT.

Pada saat ini, Bapak koordinator menekan pada Standart Operational Prosedur (SOP) Akademik pada PT, SOP harus dimiliki oleh PT, selain merupakan dokumen yang wajib disiapkan pada kelengkapan akreditasi, SOP juga akan berguna umtuk civitas akademika dan mahasiswa. Bagi PT yang belum lengkap SOP nya, harus segera dilengkapi. Substansi SOP adalah langkah - langkah dalam melaksanakan kegiatan.

Dosen/Tenga pengajar pun tak lepas dari sorotan Bapak Koordinator, yang belum mempunyai jabatan fungsional secepatnya diusulkan segera jabatan fungsionalmha

Dalam menghadapi reakreditasi harus direncanakan dengan matang untuk persiapannya, melakukan evaluasi dalam tahap tahap penyusunan berkas akreditasi, memantau tiap kemajuan tahap2 dan dokumen yang disiapkan dalam reakreditasi.

Selain itu, PT harus meningkatkan kerja sama dalam negeri minimal 10 dan internasional minimal 2 bahkan sebanyak-banyaknya. Baik teknis dalam terkait dalam teknis/penunjang pengajaran atau hal2 yang bersifat umum. Kerja sama akan meningkatkan mutu akreditasi, dan juga akan berpengaruh besar juga terhadap alumni.

Dalam kesempatan ini juga, Koordinator Kopertis XI juga memberikan arahan kepada mahasiswa AMNUS Banjarmasin. "Mahasiswa harus meningkatkan prestasi, banyak fasilitas yang diberikan oleh Kemristekdikti untuk menyalurkan potensi kemahasiswaan seperti PKM, Mawapress, On Mipa, Debat Bahasa Inggris, dll. Ikuti juga event daerah yang dapat menyalurkan kreativitas dan potensi kalian. Mahasiswa juga harus membantu pemerintah, khususnya Almamater kalian, dengan bersikap kreatif, inovatif, berdaya saing, pantang menyerah" Idiannor memberi semangat.

Pembinaan berlanjut ke Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia Citra Nusantara (ASMI Cinus) Banjarmasin. ASMI Citra Nusantara merupakan salah satu kampus yang mencetak sekretaris handal dan berhasil menjadikan alumni nya bekerja di perusahaan lebih dari 70%. Arahan koordinator pun terfokus kepada kesiapan alumni terjun dalam dunia kerja, "selalu memantau dan mencari informasi lowongan pekerjaan perusahaan di daerah kita serta menyiapkan softskill mahasiswa dan kerjasama pada stake holder dunia kerja yang harus tingkatkan terus menerus seiring perkembangam kebutuhan dunia kerja"

"Alumni-alumni yang telah sukses berwirausaha, bekerja di perusahaan, segara ditemui dan dipanggil alumni tersebut untuk diabadikan dalam tulisan dan dibukukan untuk menjadi inspirasi kepada para mahasiswa yang sedang menimba ilmu di ASMI"

Peninjuan fasilitas pengajaran, fasilitas dosen dan perpustakaan serta fasilitas umum pun tak luput dari kunjungan ini. 
"Fasilitas yang ada di ASMI sudah baik, tingkatkan rasa nasionalisme untuk menimbuhkan rasa cinta tanah air dengan cara memperdengarkan lagu2 kebangsaan minimal 2 kali dalam seminggu"

Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------