BACA BERITA

SOSIALISASI SERDOS TAHAP 1 TAHUN 2018 - PTS KALSEL

Oleh : Bidang Umum & Perlengkapan - Tanggal : 22 Februari 2018

Banjarmasin, Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, membuka secara resmi acara rangkaian sosialisasi sertifikasi dosen sesi 1 tahun 2018 kepada Dosen PTS se Kalimantan Selatan. Sertifikasi dosen yang lebih dikenal dengan sebutan serdos, adalah upaya dari pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Sertifikasi ini merupakan proses pemberian sertifikat kepada dosen terhadap profesi yang dijalaninya. Dalam rangkaian mendapatkan sertifikat dosen ini, para dosen harus mengikuti penilaian yang telah ditentukan.
Sertifikasi merupakan amanah dari pemerintah kepada seluruh dosen, yang tertuang dalam UU nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dan PP nomor 37 Tahun 2009 tentang dosen, yang berbunyi "Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional"

Dengan adanya serdos ini akan meningkatkan profesional dosen dalam melaksanakan tugas, meningkatkan proses hasil pendidikan, mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Khusus nya untuk dosen PTS se Kalimantan, dengan banyaknya dosen yang bersertifikasi pada suatu PTS maka tercermin dosen yang sudah menjalankan tugasnya dalam bingkai tridharma, hal ini akan berdampak pada mutu dan kualitas lulusan yg dilahirkan oleh PTS tersebut.

"Setiap internal PTS se Kalimantan harus memberikan fasilitas pendampingan jabatan fungsional dan sertifikasi dosen, agar dosen-dosen yang akan mengajukan proses sertifikasi dapat berjalan dengan lancar dan mendapat kan sertifikat sebagai dosen" Prof. Dr. Ir. H. Idiannor Mahyudin, M.Si

Dosen yang akan mengikuti program sertifikasi tahap 1 ini dan telah lulus dalam pengajuan berkas sebanyak 615 dosen PTS se Kalimantan. Dosen PTS se Kalimantan selatan sebanyak 208 dosen.

" Dosen mempunyai hak dan Kewajiban, saya akan perjuangkan hak bapak ibu yaitu sertifikasi, akan tetapi bapak ibu harus perhatikan jabatan fungsionalnya, jangan berlama lama di Asisten ahli, cepat melangkah ke lektor, lektor Kepala, kemudian Guru besar" Prof. Dr. Ir. H. Idiannor Mahyudin, M.Si

Dalam rangkaian sosialisasi ini, Koordinator Kopertis XI berpesan kepada para dosen " Fokus pada Kompetensi dalam bingkai Tridharma (pengajaran, penelitian dan Pengabdian) untuk percepatan karier dosen menuju layanan Optimal di PTS masing-masing.

Humas Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------