BACA BERITA

Klik Kalsel - Kopertis Tidak Ingin Lagi Ada Akreditasi C

Oleh : Bidang Umum & Perlengkapan - Tanggal : 14 Februari 2018

BANJARMASIN, klikkalsel– Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI menargetkan Tahun 2018 seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan mendapatkan akreditasi B.

 

Koordinator Kopertis Wilayah XI, Idiannnor Wahyudi. (foto : baha/klikkalsel)

Koordinator Kopertis Wilayah XI, Idiannnor Wahyudi menyampaikan, upaya menjadikan akreditasi C ke akreditasi B disemua PTS itu merupakan upaya Kopertis dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Kami bertekad ditahun ini yang C itu tidak ada lagi, kita usahakan bagaimanapun caranya semua PTS minimal akreditasi B,” ucap Idiannnor Wahyudi usai setelah rapat kerja, di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Senin (12/1/2018).

Selain itu ia menyampaikan, berdasarkan data dari 168 PTS yang berada di Kopertis wilayah XI, kisaran 30-40 persen program studinya memiliki akreditasi C.

“Yang paling penting itu program studinya, kalau program studi sudah B itu sudah lumayan untuk bisa menaikkan akreditasi PTS menjadi B,” tuturnya.

Bahkan ditambahkannya, angka 30 persen yang masih memiliki akreditasi C tersebut sudah termasuk data PTS yang ada di Kalsel. Namun, dari 46 PTS yang ada di Kalsel semuanya sudah menuju akreditasi B dan satu PTS akan hampir mendekati akreditasi A pada tahun ini.

“Sebenarnya meriah akreditasi B itu gampang, tidak begitu sulit,” jelas Idiannoor.

Kendati demikian, untuk lebih menekankan perpindahan akreditasi menjadi B, kopertis wilayah XI akan terus melatih PTS dalam memanajemen dosen, mahasiswa, adminitrasi, akademik, dan juga insfratuktur.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Menurutnya, Kopertis ini adalah mesin yang membuat orang yang tidak cerdas menjadi cerdas. Maka dari itu, mesin ini harus berkualitas agar menghasilkan orang yang berprestasi dan mengharumkan nama Kalimantan, khususnya Kalsel.(baha)

Editor : Amran

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------