BACA BERITA

Kumparan - Perguruan Tinggi Swasta se-Kalsel Diminta Tingkatkan Mutu

Oleh : Bidang Umum & Perlengkapan - Tanggal : 14 Februari 2018

Banjarhits.id - Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menaruh harapan besar seluruh perguruan tinggi swasta se-Kalimantan Selatan terus berikhtiar meningkatkan mutu dan tata kelola manajemen pendidikan.

 
Sahbirin Noor menuturkan kemajuan suatu negara sangat tergantung dari sumber daya manusia. Sebab, kata dia, mutu SDM sebagai faktor paling menentukan bagi kemajuan sebuah daerah atau negara, selain sumber daya alam, budaya, dan sosial masyarakat.
"Mesin untuk mencetak SDM itu adalah lembaga pendidikan dan perguruan tinggi," kata Sahbirin Noor di sela membuka Rapat Kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan di Banjarmasin, Senin (12/2).
Sahbirin mengingatkan tantangan perguruan tinggi swasta ke depan semakin kompleks. Solusinya adalah terus bersinergi bergotong royong memajukan mutu pendidikan. Ia mengapresiasi semangat Kopertis XI yang terus memajukan mutu perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya.
Ketua Kopertis Wilayah XI Kalimantan, H Idiannor Mahyudin, MSi, menjelaskan kegiatan raker Kopertis untuk saling berbagi informasi terkait strategi bagi percepatan kemajuan pembangunan perguruan tinggi swasta.
"Bagi perguruan tinggi berakreditasi nilai C, kami akan bantu dengan pembinaan yang intensif. Jangan hanya mendirikan perguruan tinggi tetapi harus bisa memelihara dan memajukan perguruan tinggi," ujar Idiannor.
Untuk itu, dia membutuhkan komitmen bersama, jangan sampai pelayanan kepada insan akademika terabaikan. Idiannor mendorong kegiatan akademik dan riset harus melalui informasi berbasis ─░nformasi teknologi atau era revolusi industri 4.0, yaitu pendidikan dan layanan berbasis online.
Menurut Idiannor, aktivitas akademik tidak mengharuskan bertemu dan bertatap muka langsung. "Mari kita tingkatkan akreditasi seoptimal mungkin. Bahkan perlu perencanaan yang memiliki visi terukur," imbaunya. (Hafiz Ramadhani)

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------