BACA BERITA

Cendana News - Semua PTS di Kalsel Diminta Berbenah Hadapi Era Revolusi Industri

Oleh : Bidang Umum & Perlengkapan - Tanggal : 14 Februari 2018

Semua PTS di Kalsel Diminta Berbenah Hadapi Era Revolusi Industri

 

 

BANJARMASIN – Koordinator Kopertis Wilayah XI, Kalimantan Idiannor Mahyudin, meminta Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalimantan berbenah diri menyesuaikan era revolusi industri yang saat ini hadir di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya di sela kegiatan Rapat Kerja Wilayah Kopertis XI bertema, “Terus Berlari Sambil Melompat Untuk Percepatan Akreditasi Optimal PTS Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Era Revolusi Industri 4.0”, di Banjarmasin, Senin (12/2/2018).

“Kita harus peka terhadap era revolusi industri yang hadir di Indonesia sekarang. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi digital untuk seluruh pengelolaan yang ada di dalam PTS,” tegasnya.

Bukan hanya dalam pengelolaan, dalam hal pendidikannya pun juga diharapkan PTS bisa memanfaatkan teknologi digital, agar Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan oleh PTS mampu bersaing untuk bisa diserap oleh dunia kerja.

“Kita ingin PTS ini jangan hanya dibentuk untuk cari untung saja, namun bagaimana caranya agar bisa mencetak SDM yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan pasar,” ungkapnya.

Saat ini, diakuinya memang di Kalimantan, tidak terkecuali di Kalsel, masih banyak PTS yang belum sepenuhnya menyesuaikan era revolusi digital dan pengelolaannya masih menggunakan cara tradisional.

“Kami berharap, PTS bisa segera berbenah, kalau tidak mereka akan ketinggalan dan SDM yang mereka ciptakan pun akan sulit bersaing dengan PTS dan PTN dari luar,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, berharap PTS di Kalsel dapat mendorong banyaknya SDM lokal berkualitas bisa tercipta di Banua. Jika Kalsel memiliki banyak SDM berkualitas, ia pun meyakini dapat menjadi salah satu motor pendorong strategis untuk kemajuan ekonomi Kalsel di masa depan.

Bahkan ia menyebut, jika di Banua banyak diisi oleh SDM yang berkualitas, segala potensi yang dimiliki oleh Kalsel, baik itu di bidang pertambangan, perkebunan, pertanian maupun bidang strategis lainnya, bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sekarang daerah yang maju dan berkembang ekonominya bukan daerah yang kaya sumber daya alam, tapi banyak memiliki SDM yang handal. Nah Kalsel kalau mau maju daerahnya wajib hukumnya banyak memiliki SDM yang berkualitas dan memiliki komitmen kuat untuk membangun daerah,” katanya.

Di lain pihak, Ketua Yayasan Universitas Islam Kalimantan (UNISKA), Muhammad Arsyad Al Banjari Gusti Irhamni. memastikan pengelolaan PTS Uniska sudah berorientasi pada era revolusi industri.

Bukan hanya dalam pengelolaan administrasi, implementasi berioritasi pada era revolusi industri di Unsika sendiri bahkan sudah sampai kepada pengembangan SDM dengan membuka berbagai program studi yang strategis di Kalsel di masa depan.

“Salah satu contohnya kita sudah membuka program studi terkait industri hingga IT. Kami juga telah berupaya mendorong berbagai program studi yang punya potensi untuk mencetak SDM, tidak hanya sebagai pekerja, namun juga bisa menjadi seorang pengusaha,” pungkasnya.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------